Cara Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Maag



Iklan Single (Bawah Judul)

Cara menurunkan berat badan bagi penderita maag-Asam lambung yang mudah meningkat, kerapkali membuat penderita maag atau gangguan lambung ini sulit menjalani diet. Sebenarnya, meski menderita gangguan lambung, prinsip untuk menurunkan berat badan tetaplah sama, yaitu makan teratur, mengurangi asupan lemak, dan olahraga. Bedanya, penderita gangguan lambung sebaiknya menghindari makanan yang merangsang asam lambung. Seperti, makanan terlalu pedas, asam, asin, terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin. Makanan yang menimbulkan gas, seperti nangka dan durian, juga perlu dihindari.
Makan dengan jarak waktu teratur adalah prinsip utama. Makanlah setiap 3 jam, sementara itu pengobatan untuk penyakit maag tetap dijalankan. Tentu tidak mudah, namun jika memiliki motivasi yang kuat, Anda tentu dapat mencapai berat badan yang ideal.
Kurangi jumlah makanan Anda hingga 1/3 atau 1/2 dari porsi yang biasa Anda makan. Ganti camilan dengan buah-buahan segar yang tidak asam. Minum susu nonfat tanpa gula atau teh hangat, juga tanpa gula. Sebagai teman minum teh, Anda boleh juga memilih biskuit crackers sebanyak 3 lembar.

Jangan pernah membiarkan perut Anda terlalu lama kosong. Di samping mengurangi makan, cobalah teratur berlatih olahraga aerobik, misalnya jalan kaki setengah jam sehari.
Makanan yang harus di hindari oleh penderita magg:
1. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju
2. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, antara lain :
  • kopi
  • minuman beralkohol
  • anggur putih
  • sari buah sitrus
3. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung :
  • Makanan yang mengandung cuka
  • Makanan yang terlalu pedas
  • Merica
  • cokelat,alkohol, makanan lemak tinggi, gorengan, karena dapat melemahkan klep kerongkongan bawah
  • beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dodol

4.      Makanan yang banyak mengandung gas, antara lain:
  • Makanan yang banyak mengandung lemak
  • Sayuran tertentu seperti sawi dan kol
  • Buah-buahan tertentu seperti nangka,kedongdong ataupun buah- buahan yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung soda
Bahan pangan yang mengandung gas seperti,kol,kembang kol, nangka, durian, minuman bersoda, kopi dan alkohol harus dihindari. Jangan menggunakan bahan pangan berbumbu tajam yang dapat merangsang produksi asam lambung. Misalnya cabai, cuka, asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis dan lada.
Bahan pangan yang susah dicerna seperti beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan bahan pangan berserat tajam seperti kedondong dan nenas.
Teknik pengolahan sebaiknya menggunakan metode rebus dan kukus. Cara memasak ini akan menghasilkan makanan bertekstur lembut/lunak. Hindari memasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras. Memasak dengan cara ini banyak menggunakan minyak yang dapat merangsang rasa mual.

Iklan Single (Bawah Artikel)


Artikel " Cara Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Maag" Di Posting oleh: Desy dari Blog Obat Pelangsing Alami, dalam kategori cara menurunkan berat badan bagi penderita maag. Melalui permalink http://obatpelangsingmajur.blogspot.com/2013/07/cara-menurunkan-berat-badan-bagi.html. Rating: 1010 Voting: 2013, Tanggal Wednesday, July 24, 2013, pukul 1:15 AM. Anda dapat melihat tulisan menarik yang lainnya di bawah ini :

Tinggalkan Komentar :

 

Post Pilihan

Post Pilihan 2

Post Pilihan 3

Themes by Askep